Perilaku Basic Manners yang Harus Diajarkan Kepada Anak-Anak

Perilaku Basic Manners yang Harus Diajarkan Kepada Anak-Anak

Sebagai orang tua Anda tentunya harus menerapkan perilaku basic manners dasar yang menjadi salah satu hal terpenting yang dapat diajarkan orang tua kepada anak-anaknya. Anak yang tumbuh dengan budi pekerti yang mendasar akan mampu berintegrasi dengan lancar ke dalam masyarakat.

Ini adalah bekal penting untuk masa depan. Beberapa perilaku dasar yang harus dimiliki seorang anak antara lain mengucapkan terima kasih, meminta maaf, memahami cara berbagi, ingin membantu orang lain, dan mengetahui cara berinteraksi yang baik dengan orang lain.

Perilaku Basic Manners yang Harus Diketahui Anak

Menerapkan perilaku basic manners dasar yang menjadi salah satu hal terpenting yang dapat diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

Kadang-kadang anak-anak mungkin tidak menyadari bahwa menyela, menggaruk hidung, atau memperhatikan sesuatu pada penampilan orang asing adalah tindakan yang tidak sopan. Untuk menghadapi sikap tersebut, Beberapa hal yang perlu diketahui generasi muda antara lain:

1. Minta Bantuan dan Ungkapkan Rasa Terima Kasih

Salah satu pelajaran etika yang sebaiknya diajarkan orang tua kepada anaknya adalah bagaimana meminta bantuan dengan sopan dan mengungkapkan rasa terima kasih setelah dibantu oleh orang lain. Orang tua harus memberikan contoh dengan mengatakan hal yang sama ketika mereka meminta bantuan kepada anak mereka.

Misalnya, saat Anda meminta anak Anda untuk menyimpan mainannya, ucapkan “tolong simpan mainannya, Nak,” lalu ucapkan “terima kasih” begitu dia melakukannya. Jika dilakukan setiap hari, anak-anak muda pada akhirnya akan mengadopsi perilaku basic manners ini. Jangan lupa untuk menjelaskan arti dari kalimat tolong dan terima kasih.

2. Menyapa Orang Lain dengan Baik

Salah satu sopan santun mendasar yang harus dipelajari anak-anak adalah cara menyapa orang lain dengan baik. Mereka harus tahu cara menyapa teman, saudara, dan orang asing dengan benar. Ajari anak untuk menggunakan bahasa yang sopan, terutama saat menyapa orang yang lebih tua.

Selain itu, instruksikan anak untuk menatap mata lawan bicara saat berkomunikasi. Jika memungkinkan, latih anak untuk berjabat tangan dengan seseorang yang baru ditemuinya. Pendekatan termudah untuk mempraktikkan perilaku basic manners dasar adalah dengan memerankan skenario atau berpura-pura bertemu orang baru.

3. Minta Izin Sebelum Mengambil Sesuatu

Anak-anak harus belajar bahwa mereka tidak bisa menerima begitu saja. Anak-anak harus diajari untuk meminta izin sebelum menyentuh, makan, atau mengambil apa pun. Setelah berhasil memperoleh sesuatu yang mereka inginkan, anak-anak harus diajarkan untuk mengucapkan terima kasih.

4. Mohon Maaf Jika Melakukan Kesalahan

Selain meminta bantuan dan mengucapkan terima kasih, sopan santun berikutnya yang harus dipelajari anak adalah cara meminta maaf yang benar. Ketika anak melakukan kesalahan, mereka harus belajar mengakuinya dan meminta maaf dan ini adalah salah satu contoh dari perilaku basic manners yang wajib Anda terapkan untuk mendidik buah hati.

5. Jangan Menertawakan atau Meremehkan Orang Lain

Anak-anak mungkin mendengar ungkapan-ungkapan menggoda di lingkungannya atau dari acara televisi atau video yang mereka tonton, dan kemudian percaya bahwa berperilaku seperti itu dapat di terima. Untuk menghindari hal ini, orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka memahami perilaku basic manners dasar untuk menghindari ejekan, tertawa, atau meremehkan orang lain.

Jika mereka dibiarkan menggoda orang lain dengan kedok lelucon, meskipun lelucon tersebut menyinggung perasaan orang lain, perilaku ini pada akhirnya dapat berkembang menjadi penindasan. Ajari anak bahwa menyakiti perasaan orang lain tidak bisa diterima dan sebaiknya dihindari.

6. Membantu Orang Lain

Membantu sesama merupakan kebajikan mendasar yang harus d tanamkan pada anak sejak dini. Ajari anak untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu anak mengembangkan empati dan menjadi individu yang tidak egois.

Untuk menerapkan perilaku basic manners, Anda bisa mulai dengan mengajari anak Anda untuk membantu pekerjaan rumah, seperti membersihkan mainannya sendiri atau meminjamkan barang kepada orang lain yang membutuhkannya.

7. Buang Sampah

Anda juga harus membiasakan anak Anda untuk membuang apa pun yang mengandung sampah ke tempat sampahnya sendiri di belakang. Jika di perlukan, temani dia dan izinkan dia membuang sampahnya sendiri dengan benar.

8. Simpan Piring dan Pakaian Kotor

Anda juga harus menekankan hal ini kepada anak-anak Anda, setelah selesai makan, letakkan piring Anda di wastafel belakang. Jika anak tersebut telah mencapai tinggi badannya, tetaplah bersamanya dan tunggu sebelum menurunkannya.

Selain itu, ajari mereka cara membuang pakaian kotor. Jadi, jika Anda ingin mandi, letakkan semua pakaian Anda yang sudah dilepas ke dalam keranjang pakaian kotor Anda sendiri dan, jika perlu, buang popoknya.

9. Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Teman Sebaya

Anak-anak harus diajarkan perilaku basic manners yang mendasar ketika bermain dengan teman sekelasnya. Hal ini memungkinkan dia untuk bergaul dengan teman-temannya dan membuat mereka merasa nyaman.

Biasakan anak Anda berkomunikasi dengan lembut, tanpa berteriak, dan ungkapkan keinginan atau tujuannya dengan jelas. Saat berkumpul dengan teman, penting juga untuk mengajarkan kesabaran pada anak agar bisa bermain secara bergiliran.

Nah, sejauh ini, etika dasar apa saja yang diajarkan orang tua kepada anaknya? Menerapkan perilaku basic manners yang baik tidak perlu menunggu sampai anak Anda remaja nyatanya, membiasakan diri sejak kecil akan lebih mudah daripada saat anak tumbuh dewasa.

Related Post