Sakit Perut Sebelah Kanan, Cek Penyebabnya dan Segera Atasi

Sedang mengalami sakit perut sebelah kanan dan merasa tidak nyaman berkepanjangan. Anda tidak boleh menyepelekan hal tersebut karena bisa saja itu menjadi gejala dari penyakit-penyakit tertentu. Oleh karena itu jika Anda ingin mengenali penyebab serta gejala yang ada agar tepat dalam menanganinya.

Kami sudah siapkan pembahasan lebih lengkap agar dapat Anda jadikan referensi atau panduan. Sementara jika terjadi pada wanita ada kemungkinan terjadi gangguan pada organ reproduksi. Jadi, antara pria dan wanita besar kemungkinan gangguan lebih banyak terjadi pada wanita.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Tentu saja pada perut bagian kanan ada beberapa organ yang menyusunnya, antara lain usus kecil, besar, buntu, dan saluran kemih. Khusus pada wanita terdapat ovarium serta saluran tuba falopi. Dengan demikian besar kemungkinan jika terjadi gangguan pada daerah tersebut, ada indikasi beberapa organ tersebut mengalami masalah tertentu. Untuk lebih memperjelas simak penjelasannya.

  1. Radang usus buntu

    Ini merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi terhadap usus buntu, ketika infeksi parah akan menimbulkan peradang besar dan bahkan akan menjadi masalah serius sampai memerlukan adanya penanganan dokter.

    Gejala khusus yang mungkin bisa menjadi cara indikasi terakurat adalah sakit perut sebelah kanan dengan menurunnya nafsu makan, mual, muntah, kembung, diare, dan paling khas tidak bisa buang angin.

  2. Batu empedu

    Batu empedu biasanya akan ditandai dengan rasa sakit luar biasa sesudah makan, biasanya akan menjalar ke punggung atas, bahu, dan mungkin juga dada. Tapi tidak boleh langsung Anda simpulkan juga.

    Bahwa gejala tersebut akan menunjukkan penyakit batu empedu jika ditambah dengan gejala mual serta muntah. Jadi pastikan juga apakah Anda akan mengalami mual muntah sesudah makan khususnya pada porsi besar.

  3. Kolesistilis

    Merupakan komplikasi dari batu empedu, di mana cairan yang harusnya keluar dari kantong empedu terhalang oleh batu empedu. Akibat dari hal tersebut adalah cairan mengalami penumpukan dan menyebabkan peradangan.

    Gejala yang akan terasa tentu saja sakit perut sebelah kanan terasa tajam pada bagian atas, dan dapat menyebar ke bahu bagian kanan atas. Selain itu juga ada rasa mual, deman, bahkan hingga sakit kuning jika tidak ditangani.

  4. Penyakit radang usus

    Ada pula kemungkinan terjadi peradangan pada usus, di mana penyakit ini biasanya timbul akibat nyeri perut yang disertai dengan diare parah, buang air besar disertai darah, dan bahkan berat badan turun banyak. Ini terjadi tentu karena makan makanan tidak sehat serta kurang konsumsi air.

    Sehingga disarankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat serta mengonsumsi obat-obatan resep dari dokter. Bila tidak kunjung sembuh satu-satunya langkah agar dapat menyembuhkan adalah dengan pembedahan, tapi tetap juga harus dicek lebih dalam apa jenis radang usus yang membuat pasien alami sakit perut sebelah kanan.

  5. Batu ginjal

    Batu ginjal merupakan penyumbatan saluran kemih yang akan berfungsi untuk mengeluarkan air mani dan pipis. Tentu saja jika tersumbat oleh batu ginjal akan membuat rasa sakit yang amat sangat. Sehingga perlu melakukan penanganan tepat agar dapat kembali sembuh.

    Sementara biasanya penyakit ini timbul karena kerap menahan kencing dalam jangka waktu panjang, sehingga endapan mineral serta garam terbentuk di sana. Macam penanganan yang akan dokter lakukan tergantung dari pada ukuran serta letak, jika masih dalam keadaan yang dapat ditoleransi tidak perlu pembedahan. Sementara jika sudah maka langsung akan dilakukan pembedahan.

  6. Sindrom Iritasi usus

    Gangguan sakit perut sebelah kanan selanjutnya mungkin karena ada sindrom iritis usus, biasanya terjadi karena usus bergerak secara berlebihan dan ada gangguan pada saraf usus. Lalu bagaimana dengan kondisi gejalanya?. Jika Anda mengalami perut kram, perut kembung, diare maupun sembelit dan khususnya keluar lendir banyak saat buang air besar.

    Menandakan bahwa memang usus sedang tidak baik-baik saja, tepatnya mengalam sindrom iritasi. Tidak perlu pembedahan untuk kasus ini, di mana dokter hanya akan sarankan untuk ubah gaya hidup untuk kasus ringan. Sementara kasus berat harus ada resep untuk meringankan gejala serta menyembuhkan sindrom iritasi.

  7. Hepatitis

    Selain itu pada sakit perut sebelah kanan juga kemungkinan ada peradangan di dalam hati, tentunya ini biasanya disebabkan oleh pola hidup serta serangan virus. Banyak orang di jaman sekarang berpotensi mengalaminya. Sebab konsumsi minuman beralkohol sudah menjadi lazim, serta juga konsumsi obat-obatan terlarang juga sudah sering dilakukan banyak orang.

    Akan tetapi, bagi orang-orang yang tidak melakukannya tetap ada kemungkinan terkena. Semisal karena imun rendah atau konsumsi makanan tidak sehat. Untuk gejalanya biasanya selain sakit perut, ada mual, muntah, dan urin berwarna gelap serta kotoran menjadi pucat tidak segar.

  8. Kehamilan ektopik

    Terakhir, ada kemungkinan akan diderita oleh wanita yang mana hamil di luar kandungan. Bisa terjadi pada indung telur, tuba falopi, atau bahkan leher rahim. Tentu saja ini akan memberikan rasa sakit berlebih.

    Untuk gejala khasnya biasanya bisa terjadi sakit pada bagian bawah kanan, namun juga bisa terjadi pada bawah kiri. Semua tergantung pada di mana letak sel telur yang sudah dibuahi menempel.

Dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut, Anda setidaknya bisa memiliki gambaran terhadap rasa sakit yang terjadi. Hanya saja untuk lebih amannya tetap periksakan diri ke dokter agar dapat menangani sakit perut sebelah kanan.

 

Related Post