Kenali Fungsi Airbag Mobil, Pengoperasian, dan Perawatan

Airbag pada mobil adalah salah satu fitur keselamatan yang paling penting dalam sebuah mobil, Airbag ini melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras jika terjadi kecelakaan. Kantung udara dapat membantu menurunkan kemungkinan cedera parah, dan bahkan kematian.

Sayangnya, masih banyak pengemudi dan penumpang mobil yang belum mengetahui kehadiran fitur airbag mobil. Akibatnya, fitur airbag seolah tidak berguna dan tidak terawat. Airbag mobil pada kenyataannya harus dirawat dengan baik agar dapat berfungsi dengan baik. Hal inilah yang melatarbelakangi kami merangkum fungsi, pengoprasian dan perawatannya.

Fungsi Airbag Pada mobil yang Wajib untuk Diketahui Para Pengendara

Berikut adalah beberapa peran spesifik tambahan dari airbag mobil. Untuk Anda yang masih awam mungkin masih bingung apa saja peran dari fitur ini. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan pada ulasan berikut ini.

  • Melindungi Kepala

    Saat terjadi kecelakaan, airbag pada mobil dapat melindungi kepala pengemudi atau penumpang dari kontak dengan dashboard atau kaca depan. Airbag akan langsung mengembang, mengisi celah antara kepala Anda dan dashboard atau kaca depan. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko gegar otak, cedera otak traumatis, dan cedera leher.

  • Perlindungan Leher

    Airbag mobil juga dapat membantu melindungi leher pengemudi atau penumpang dari benturan dengan dashboard atau kaca depan. Alat ini akan langsung mengembang, melindungi kepala pengemudi atau penumpang agar tidak terdorong ke depan. Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan cedera leher seperti keseleo, dislokasi, dan patah tulang.

  • Perlindungan Dada

    Airbag pada mobil juga dapat melindungi dada pengemudi atau penumpang dari benturan sabuk pengaman saat terjadi kecelakaan. alat keselamatan berkendara akan langsung mengembang, melindungi dada pengemudi atau penumpang agar tidak terlempar ke depan. Hal ini dapat membantu menurunkan kemungkinan cedera dada yang serius seperti kerusakan organ dalam, patah tulang, dan kematian.

Bagaimana Airbag Mobil dapat Beroperasi dengan Maksimal?

Airbag pada mobil berfungsi dengan menggunakan sensor yang terletak di bagian bawah kabin kendaraan. Kecelakaan seperti terbentur keras atau tabrakan akan terdeteksi oleh sensor ini. Ketika tabrakan terdeteksi, sensor mengirimkan sinyal ke unit inflator. Unit inflator akan menggembungkan kantung udara dengan menyuntikkan gas nitrogen ke dalamnya.

Untuk melindungi pengemudi atau penumpang, alat keselamatan berkendara akan terisi dengan cepat dalam hitungan detik. Ada berbagai macam jenis airbag mobil yang sering digunakan, antara lain sebagai berikut. Untuk Anda yang masih baru dalam berkendara, pembahasan ini akan bermanfaat untuk dipelajari.

  • Airbag untuk Pengemudi

    Airbag pengemudi merupakan alat yang letaknya tepat di depan pengemudi. Saat terjadi kecelakaan, alat keselamatan berkendara ini melindungi kepala dan dada pengemudi dari benturan.

  • Airbag untuk Penumpang

    alat keselamatan berkendara penumpang adalah airbag pada mobil yang letaknya tepat di depan penumpang. Saat terjadi kecelakaan, alat ini melindungi kepala dan dada penumpang dari benturan.

  • Kantong Udara Tirai

    Tirai airbag berbentuk seperti tirai. Di atas pintu mobil terdapat alat ini. Saat terjadi tabrakan samping, alat ini akan melindungi kepala pengemudi atau penumpang dari benturan.

  • Kantong Udara Groin

    Kantong udara adalah airbag pada mobil yang terletak di bawah jok. Saat terjadi kecelakaan, alat keselamatan berkendara ini melindungi panggul pengemudi atau penumpang dari benturan.

Berikut Beberapa Tips untuk Perawatan Airbag Mobil

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika Anda ingin merawat alat pelindung dari kecelakaan ini supaya tetap awet dan berguna saat dibutuhkan. Berikut adalah beberapa tips mudahnya.

  • Periksa Secara Teratur
    Pemeriksaan airbag pada mobil sebaiknya dilakukan secara berkala, yakni setiap 10.000 kilometer atau setahun sekali. Bengkel resmi dapat melakukan pemeriksaan alat ini dengan tepat.
  • Hindari Menyebabkan Kerusakan
    Hindari menyebabkan kerusakan pada airbag mobil. Hindari meletakkan benda berat di atas atau memasang aksesoris yang dapat mengganggu pengoperasiannya.
  • Airbag yang Sudah Rusak Sebaiknya Diganti
    alat keselamatan berkendara yang sudah rusak harus segera diganti. Saat terjadi kecelakaan, alat yang rusak tidak dapat berfungsi maksimal. Pemeriksaan fitur mobil sebaiknya dilakukan secara berkala, yakni setiap setahun sekali.

Langkah yang Harus Anda Ketahui Tentang Airbag Mobil

Ada banyak kekhawatiran mengenai airbag mobil. Akankah kantung udara yang menggembung membuat sulit bernapas? Tentunya ini akan menjadi pertanyaan semua orang. Alat keselamatan berkendara ini akan sangat bermanfaat dan wajib ada di setiap kendaraan. Tidak perlu khawatir karena airbag pada mobil dirancang untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengemudi.

Kantung udaranya terbuat dari nilon tipis berlubang yang mengempis perlahan dan tidak menghalangi pernapasan. Nitrogen juga aman untuk dihirup karena 78% udaranya. alat keselamatan berkendara tidak menghasilkan asap. Udara putih yang biasa terlihat saat alat mengembang adalah tepung maizena atau bedak talk.

Di mana saat keluar alat ini mengembang agar tidak lengket dan terlipat saat mobil pecah. Untuk menjaga keselamatan saat berkendara, kami sarankan Anda sebagai penumpang maupun pengemudi selalu memperhatikan airbag pada mobil. Dengan langkah ini Anda akan lebih aman jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan benturan cukup keras.

Related Post