Daging sapi menjadi salah satu jenis daging yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ada banyak kuliner daging sapi dari setiap daerah. Kuliner tersebut mempunyai cita rasa yang unik dan berbeda di setiap daerah. Hal ini dikarenakan jenis bumbu dan rempat-rempah yang digunakan juga berbeda.

Selain itu, cara memasak daging sapi sangatlah bervariatif. Jika kamu ingin berwisata kuliner di Indonesia, tentu kuliner berbahan utama daging sapi ini harus dicoba.

  1. Rendang

Rendang menjadi salah satu kuliner olahan daging sapi khas Indonesia yang paling terkenal. Kuliner khas Sumatera Barat ini telah dikenal luas sebagai salah satu kuliner terenak di dunia. Rendang tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia tetapi juga disukai oleh masyarakat dunia. Banyak turis asing yang datang untuk menikmati Rendang dengan cita rasa asli.

  1. Tengkleng Iga Sapi

Iga sapi dapat diolah menjadi beberapa macam makanan seperti iga sapi bakar dan goreng. Selain itu, iga sapi juga bisa diolah menjadi olahan masakan Tengkleng. Kuliner ini terkenal di daerah Solo dan Yogyakarta. Jangan khawatir tentang teksturnya. Untuk membuat Tengkleng, dagung iga sapi harus direbus terlebih dahulu selama beberapa jam hingga daging menjadi empuk.

Setelah itu, daging iga sapi akan diberi bumbu dan rempah-rempah yang khas untuk membuat cita rasa yang gurih. Oleh karena itu, daging Tengkleng iga sapi tidak terasa keras tetapi lembut dan mudah dimakan.

  1. Sop Konro

Sop konro merupakan hasil olahan lain dari iga sapi. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Makassar. Oleh karena itu, jika kamu berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk menikmati semangkuk sop konro yang panas dan gurih. Kuah sup konro berwarna coklat gelap. Kamu bisa memakan sop konro ini dengan sepiring nasi putih panas atau satu buah ketupat. Banyak turis asing yang sangat menyukai sop konro ini dikarenakan cita rasanya yang sangat gurih dan unik.

  1. Rawon

Rawon merupakan salah satu olahan daging sapi yang khas berasal dari Jawa Timur. Kuah Rawon mempunyai warna hitam. Kenapa? Rawon dimasak dengan menggunakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yaitu kluwak. Rempah-rempah ini memberi warna hitam pada kuah Rawon. Meskipun kuah Rawon berwarna hitam, tetapi rasanya sangat lezat dan mampu membuat masyarakat ingin mencoba lagi dan lagi.

  1. Aneka Olahan Dendeng Sapi

Dendeng sapi merupakan salah satu makanan Indonesia yang dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Dendeng sapi dapat dibuat menjadi beberapa jenis masakan olahan lain seperti nasi goreng dendeng, dendeng balado, dan dendeng kering. Selain itu, dendeng sapi juga enak dimakan langsung dengan sepiring nasi hangat dan segelas teh hangat.

  1. Gulai dan Tongseng Sapi

Sepintas dua jenis olahan daging sapi ini terlihat hampir sama. Gulai dan tongseng sapi menggunakan santan kelapa sebagai bahan dasar kuah. Akan tetapi, kuah gulai lebih berwarna kuning cerah dan terasa lebih segar. Sementara itu, kuah tongseng sapi lebih berwarna coklat. Jika gulai bisa dimasak gurih atau pedas, tongseng lebih nikmat dimasak pedas.

  1. Aneka soto sapi

Soto sapi menjadi salah satu jenis olahan daging sapi yang dapat ditemukan di beberapa wilayah Indonesia. Selain itu, setiap wilayah mempunyai jenis rempah-rempah yang berbeda untuk membuat soto sapi. Oleh karena itu, kuah soto sapi di setiap daerah mempunyai cita rasa dan warna tampilan yang berbeda seperti Soto Banjar, Soto Lamonga, Soto Betawi, dan Soto Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *